Selasa, 27 November 2012

I’m (not) a super Mom


Siapapun Ibu pasti ingin yang terbaik untuk anaknya dan keluarganya. Biarpun ibu itu bekerja di luar rumah atau Ibu rumah tangga, semuanya adalah full time mama. Karena yang dilakukan oleh Ibu bekerja adalah juga untuk keluarganya.

Tantangan Ibu bekerja saat ini dan dulu tentu saja lain. Ibu mertua saya dulu juga bekerja, jam 3 sore sudah di rumah. Karena jam 2 siang dia sudah selesai bekerja. Kalo Ibu-Ibu yang bekerja zaman sekarang sampai rumah jam 7 malam, sudah Alhamdulillah, terutama Ibu-Ibu bekerja yang tinggal di Jakarta. Untungnya di Surabaya aku biasanya sudah sampai rumah jam 6 sore. Itu saja di kantor sudah terbayang-bayang Edo he heh.

Biasanya kita jemput Edo di rumah Eyangnya jam 6 sore. Urusin barang2 Edo, ngobrol bentar sama Ibu n Bapak, trus pulang sampai rumah jam 18.30. trus biasanya kalo nggak di gelendotin Edo ya siapin makan malam. Simple aja sich tinggal ngangetin atau kalo harus masak bahan dan bumbunya sudah disiapin pas weekend.  Trus biasanya kita bertiga makan bareng lagi.  Setelah itu biasanya siapin Edo untuk tidur. Ritualnya nonton barney, pipis, cuci tangan dan kaki, sikat gigi main2, ganti baju tidur, baca buku, atau denger lagu anak2, trus tidur.

Masalahnya namanya ballita, urusannya nggak semulus itu, kadang harus ganti baju sambil kejar-kejar Edo yang muter aja. (padahal Emak nya sdh encok) atau pake acara rewel. Dan kadang namanya juga manusia, kadang ditengah kesibukan gitu, ada aja mistake atau kecelakaan kecil. Misal kayak Edo terpeleset air pipis nya atau air minum yang ditumpahin. Padahal barusan dibilangin jalan hati2 jangan lari ya Dek…blum 5 menit sudah gubraaak nangis.

Nggak bohong kita berdua sebagai orang tua, kadang seperti kelimpungan untuk ngikutin maunya balita. But anyway, di tengah malam kita masih harus gendong, kalo rewel, meski capek, dan ngantuk, sebisa mungkin kita nggak sebel, atau yang parah sampai mukul anak. tapi aku memang sengaja pukul pantatnya (nggak keras ya) supaya dia tahu kalo nggak boleh gigit, hobby barunya sekarang gemes gigit Emaknya, karena dibilangin bolak-balik dengan kata2 nggak mempan.

Kalo lagi capek banget gitu, biasanya aku tarik nafas panjang, sambil bersyukur Allah masih memberi berkahnya seorang anak yang sekarang beranjak besar,  rasanya berdosa banget kalo kita sampai dongkol dengan anak. Lha yang mau punya anak siapa? Jadi ketawain diri sendiri. Trus biasanya bersyukur karena rewel adalah hal biasa namanya juga balita, dia blum bisa ngomong apa yang dia mau. Yang bisa dia lakukan ya nangis itu.  Semua itu bukan apa2 dibanding harus melihatnya sakit, terus tidak mau makan.  Jadi kita nikmatin saja proses ini. Mumpung anak kita masih sama kita, ntar kalo sudah gede, mana mau kluar sama ortunya. Pasti lebih milih teman2nya. Tarik lengan baju….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar