Rabu, 12 September 2012

Edo 19 bulan


Alhamdulillah senang sekali Edo kemarin tepat usia 19 bulan, SENANG juga SEDIh. Lho kok sedih? Senang karena Edo semakin pintar berkomunikasi, talkative banget  he is repeating everything we said. Kemampuan motoric halusnya juga semakin baik, nggak sering jatuh lagi kalo jalan, mulai pengen manjat apapun. Suka ngedorong sepeda merahnya sampai rada oleng gitu tuh sepeda, kalo dorong sepeda itu Edo seneng bener, cekikikan gitu. Emaknya yg ngelus dada, kadang aku kasih sich dia dorong, tapi dibatasi waktunya, kalo sudah selesai, aku ambil sepedanya, atau gentian dia yang naik sepeda, aku yang dorong. Biasanya sich dia mewek, tapi aku cuekin aja, biar dia tahu waktu dorong nya sudah habis. He he

Edo suka niruin omongan contohnya kayak gini, setiap kali kita lewatin gerbang kompleks, kita suka nyapa Pak satpam yg lagi jaga “Monggo Pak”(mari Pak bahasa Indonesianya), Edo: “Mondo Pakkk”

Atau kalo Bapaknya lagi nyetir Edo suka pengen ikut duduk di pangkuan Bapaknya. Yg biasanya diturutin pas sdh masuk gerbang kompleks, karena jalan nya sudah sepi. Nah biasanya ditanyain dulu “boleh duduk sama Bapak, tapi Edo diem apa rame?”Edo “Ameee” ya nggak jadi dipangku Bapak dech kalo Rame. Ëdo ganteng apa jelek? Edo: ‘jeyek. Haaa anakkku suka niruin kata yg akhir. Jadi dibalik “Edo jelek apa ganteng?”Edo: “anteng”nah itu baru benar he he he.

Edo daya ingatnya lagi berkembang, jadi kalo ada mobil tetangga, atau lewat depan rumah tetangga, dia suka bilang, “”UUkma Ukkkma” iya Edo itu rumah Tante Sukma. Ini Tante siapa Edo?  Edo: “Atiiik” Edo mau jus? Edo mau makan roti? Selalu dijawab dengan “Mauuuuwww”ngomongnya sambil monyongin mulut.  Apa lagi ya…wah banyak dech yg sudah bisa diucapkan, tapi versi anak kecil ya. Oh ya inget agustusan kemarin karena banyak Yang masang bendera, Edo bilangnya Ërah utih”. Kalo dipakein baju sudah ngerti kapan ngasihin tangannya untuk dimasukkan ke lengan baju, seneng dech, trus bisa ngomong pipis, tapi ya sdh keburu mancur ditempat, ntar ya Nak pelan2 Ibu ajarin toilet training. Kalo dilepasin celananaya nggak usah disuruh kadang sudah reflek angkat kakinya.

SEDICHNYA, karena Edo semakin mobile, dan semakin aware akan dirinya, kecelakaan kadang tak terhindarkan. Semoga anakku menjadi anak yang kuat. Amin  jadi ceritanya seperti biasa aku gantiin baju nya pake baju tidur, ganti diapers. nah Edo sambil rebahan di tempat tidur, sambil goser2in badannya, lama2 kok tambah minggir di ujung  tmpt tidur, aku tarik dia, dikirain becanda, dia goser lebih kuat dan meluncur jatuh ke lantai, Hiyaaaaa anakkuuu langsung nangis kejer. Mana baru pake celana blum pake atasan, langsung aku lompat turun trus pelan2 gendong dia, karena dia langsung nangis makanya brani gendong, kalo anaknya sampai nggak sadarkan diri atau muntah yang muncrat gitu malah nggak boleh banget langsung gendong.  Ini aku dapetin dari sini.

Ok setelah jatuh, itu aku sama Hafid lega banget sampai 2X24 jam tidak ada tanda-tanda memar atau pendarahan di dalam. Tangan dan kaki  masih bisa diangkat, diturunin dan Edo nggak nangis. Kepala ditolehin kiri kanan juga nggak nangis.

Dan jumat lalu kejadian lagi, pas aku gendong di dapur deket magic jar sama kulkas. kebetulan magic jar lagi proses masak nasi, tiba2 tangan Edo sentuh lubang uap air magic jar, tersengatlah tangannya, wah yang ini langsung nangis kejer ada sekitar 45 menitan. Aku guyur pake air kran dingin, terus oles trombophop harusnya bioplacenton, tapi karena nggak ada ya sudah pake itu dulu, sambil ngerasa bersalah banget, karena dodol bener nggak sadar kalo magic jarnya lagi proses masak. krn kan bisa langsung narik tangan Edo.  Maafkan Ibumu ini Nak. Akhirnya dia saking capeknya nangis  ketiduran. Karena tidur siang bangun jam 11.30.

Pelajaran buat Emak n Bapaknya, harus lebih hati2 karena Edo sudah mobile banget bak gasing muter terus. Dan rasa ingin tahunya itu lho subhanallah. bukan berarti setelah kejadian itu terus kita jadi protektif ke Edo. kita paham dia sedang masa2 nya pengen explore semua. hanya saja kadang suka keluar batas. dibilangin Edo gak usah main di luar panas, eh barusan diomongin kejadian kakinya kepanasan kena tutup tandon air. hadeuuuuh (langsung angkat, guyur pake air). eh ternyata kegundahan ini juga dialami Ibu2 di TUM.

Semoga kamu sehat terus ya Nak.

2 komentar:

  1. Alhamdulillah di dalam keaktifannya ada tante beserta keluarga yang gak pernah lelah melindungi edo kecil ^^
    Doa ci semoga edo selalu berada dalam lindunganNYA

    Amieenn

    BalasHapus
  2. Amin. tq Tante Cici. ditunggu kedatangannya di rumahku ya. sukses jualannya :) salam dr keluarga di sby

    BalasHapus